Rumah merupakan suatu tempat tinggal yang diperlukan untuk manusia, dengan memiliki rumah sendiri pastinya membuat mereka lebih tenang dan nyaman. Selain itu ditambah dengan suasana rumah yang tenang, humanis maka akan memberikan kesan yang nyaman dan etah ketika berada di dalam rumah, salah satu untuk membuat nyaman yaitu dengan memberikan sentuhan warna - warna dan tampilan yang elegan dan mempesona di setiap dinding rumah. Dengan warna yang pas dan sesuai keinginan maka selain tampilan rumah menjadi keren juga enak di pandang. Jika Anda ingin memberikan warna pada dinding rumah Anda ini ada beberapa tips atau langkah - langkah yang harus Anda perhatikan

Persiapkan alat
Pertama yang harus Anda persiapkan yaitu siapkan peralatan yang diperlukan seperti masking tape, lakban, koran, tangga, amplas, dempul, kuas, ember, air dan roller. Sebaiknya persiapkan alat - alat ini agar disaat bekerja Anda tidak kebingungan atau kerepotan dan membuang waktu lama.

Bersihkan dinding ruangan yanga akan dicat
Bersihkan dahulu dinding - dinding rumah Anda yang nantinya akan di cat, karena biasanya dinding banyak tertempel oleh debu dan kotoran, dengan dibersihkan maka membuat cat yang menempel didinding lebih maksimal. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan beberapa alat misal dengan vacum cleaner, lap dengan air, sampu dan juga kemoceng. Jika ada noda - noda sebaiknya tambah dengan sabun agar nodanya bisa hilang dan pastikan sampai kering dahulu baru lakukan pengecatan.

Menutup bagian - bagian yang tidak dicat
Tutup dengan lakban bagian - bagian yang tidak dicat misal bagian jendela, gagang pintu, tepi plafon dan yang lainnya, hal ini agar cat tidak meleset kemana - mana dan hasilnya juga akan lebih maksimal. Tutup juga bagian bawah agar cat juga tidak mengenai lantai dan juga papan dan lantai juga terlihat bersih. Kemudian jika pengecatan sudah dilakukan maka cepat cabut lakban ketika posisi cat masih dalam keadaan basah.

Tutup retakan - retakan pada dinding
Jika terdapat retakan pada dinding alangkah baiknya Anda menutup dahulu dengan dempul dan ratakan dengan amplas. Kemudian oleskan primer agar hasilnya semakin mengkilap dan lebih rata.

Aduk cat hingga rata
Aduk cat terlebih dahulu agar cat tidak menggumpal dan nantinya akan menghasilkan hasil yang optimal. campurkan dengan air atau dengan minyak dengan takaran yang pas.

Campur dengan water base atau solvent
lapisi permukaan dinding dengan water base dan solvent ini akan membuat cat nantinya tidak mengelupas dan cat juga akan lebih tahan lama. Selain itu Anda juga bisa menggunakan wall sealer misalkan akan tetapi menyesuaikan dengan ph semen dan ph cat sehinga tercipta warna yang lebih tahan lama

Warna Dasar
Sebelum melakukan pengecatan warna yang ditentukan alangkah baiknya mengamplas dinding terlebih dahulu agar warna yang masih menempel di dinding hilang semua. akan tetapi jika Anda tidak terlalu repot Anda juga bisa gunakan warna putih sebagai warna dasar dinging, hal ini agar warna yang dihasilkan nantinya menjadi lebih terang. Agar hasilnya lebih maksimal alangkah baiknya beri jarak waktu antara antara lapisan satu dengan kedua sekitar 1-2 jam

Nah berikut langkah - langkah untuk melakukan pengecatan dinding rumah, Anda bisa melakukannya sendiri yang pasti siapkan peralatan dan lakukan langkah dengan benar maka Anda akan memberikan hasil yang maksimal.